Home » » Ini Pakta Integritas Demokrat yang Menjerat Irmanto

Ini Pakta Integritas Demokrat yang Menjerat Irmanto

Ditulis oleh Petisi News pada Rabu, 10 Juni 2015

Selain tengah melakukan proses hukum melalui upaya banding dalam kasus dugaan korupsi bansos senilai Rp2,8 Miliar tahun 2008, Irmanto juga berhadapan dengan pakta integritas partai yang mengharuskan dirinya untuk di-PAW.
Sebagaimana dikutip dari tempo.co, pakta integritas itu adalah, pertama akan senantiasa menjaga kinerja dan integritas untuk mensejahterakan masyarakat, bangsa, dan negara serta senantiasa menjaga nama baik Partai Demokrat. Dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab untuk terus menjunjung tinggi prinsip dan moral politik partai serta jati diri kader Partai Demokrat yang bersih, cerdas, dan santun.
Kedua, dalam menjalankan tugas dan pengabdian, utamanya dalam melayani, mensejahterakan, dan melayani masyarakat, akan senantiasa adil dan bekerja untuk semua dan tidak akan pernah menjalankan kebijakan yang diskrimintatif, oleh perbedaan agama, etnik, suku, gender, daerah, posisi politik, dan perbedaan identitas yang lain.
Ketiga, sesuai dengan ideologi manifesto politik dan platform 
Partai Demokrat, dengan sungguh-sungguh akan terus menjalankan dan memperkuat persatuan, harmoni, dan toleransi dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk berdasarkan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.
Selanjutnya, demi terciptanya rasa keadilan dan semangat pembangunan untuk semua, akan bekerja sangat keras untuk meningkatkan taraf hidup rakyat yang miskin, tertinggal, dan belum sejahtera melalui berbagai kebijakan, program aksi, dan langkah yang nyata. Semua program pro-rakyat yang dijalankan pemerintah selama ini akan tetap dipertahankan dan akan ditingkatkan di masa mendatang.
Kelima, sebagai kader 
Partai Demokrat  akan senantiasa patuh dan taat kepada konstitusi, hukum, dan segala perturan yang berlaku. Sebagai cerminan dan perilaku sebagai warga bangsa yang baik serta patuh dan taat kepada kode etik Partai Demokat, sebagai kode partai yang amanah dan bertanggungjawab.
Keenam, sebagai kader 
Partai Demokrat yang kini sedang mengemban tugas di eksekutif, legislatif, pusat dan daerah, akan memegang teguh moral dan etika profesi dan menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance, yaitu pemerintahan yang bersih dari korupsi, yang capable, yang responsif serta yang bekerja sekuat tenaga untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.
Kemudian, sebagai pejabat publik, akan mencegah dan menghindarkan diri dari perbuatan korupsi, termasuk suap yang melawan hukum dan merugikan negara, serta dari narkoba, asusila, dan pelanggaran berat lainnya. Dalam hal ditetapkan sebagai tersangka, terdakwa, dan terpidana, maka sesuai dengan kode etik 
Partai Demokrat yang telah disahkan pada tanggal 24 Juli 2011 maka akan menerima sanksi sesuai ketentuan partai yang telah ditetapkan oleh Dewan Kehormatan Partai Demokrat.
Kedelapan, dalam hal telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi atau terpidana dalam kejahatan berat yang lain, bersedia mengundurkan diri dari jabatan di jajaran 
Partai Demokrat atau siap menerima sanksi dari jajaran kepartaian oleh Dewan Kehormatan partai.
Kesempilan, sebagai warga negara dan pejabat publik yang taat hukum dan aturan serta sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan pencegahan dan pemberantasan korupsi, bersedia menyerahkan data harta kekayaan kepada Ketua Dewan Kehormatan partai beserta NPWP.
Terakhir, khusus mengenai sering terjadinya korupsi dan penyimpangan dalam perencanaan dan pelaksanaan APBN dan APBD, maka sebagai pejabat eksekutif atau legislatif berjanji tidak akan melakukan pelanggaran dan penyimpangan dalam APBN dan APBD ini.
Meski telah berstatus tersangka sejak pertengahan 2014, dan bahkan telah divonis 3 tahun penjara, namun hingga saat ini Irmanto masih berkantor di DPRD Provinsi Jambi. (cr01)

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi