Home » » Melangun Ganjal SAD Ikut Pemilukada, Noken Tidak Berlaku

Melangun Ganjal SAD Ikut Pemilukada, Noken Tidak Berlaku

Ditulis oleh Petisi News pada Minggu, 14 Juni 2015

Jambi, petisinews - Budaya melangun atau hidup berpindah-pindah bagi Suka Anak Dalam (SAD) Jambi, diakui masih mengganjal suku terasing tersebut untuk ikut serta dalam Pemilukada serentak 2015.
Sebab, dengan kebiasaan melangun maka status alamat tetap SAD tidak bisa diketahui dengan jelas dan tepat sehingga tidak memenuhi syarat ketentuan domisili. Sementara dengan sistim noken yang diwakilkan oleh kepala suku sebagaimana pernah terjadi di Papua, juga tidak ada diatur dalam peraturan KPU.
Sungguhpun demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat ini sedang merencanakan untuk mengakomodir keberadaan SAD agar haknya sebagai warga negara pada Pilkada serentak Jambi yang akan datang tidak hilang begitu saja.
“Tentunya akan kita koordinasikan dengan pemerintah daerah. Yang pasti, semangat kita adalah semangat mengakomodir seluruh masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih,” demikian diutarakan Ferry Kurnia Rizkiansyah, Komisioner KPU RI kepada awak media, Kamis (11/6/2015) saat berkunjung ke KPUD Batanghari.
Menurutnya, karena hal ini merupakan konteks Pilkada, tentunya perlu ketentuan khusus terhadap penduduk yang memang ada di wilayah kabupaten/kota penyelenggara Pilkada seperti halnya warga suku terasing SAD.
Lantas, bagaimana langkah KPU RI dalam mengakomodir hak pilih SAD yang sering berpindah-pindah? Ferry menegaskan, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat.
“Kita berkoordinasi dengan Dinas Catatan Sipil setempat. Supaya nantinya betul-betul yang diakomodir KPU adalah yang bermukim di wilayah tersebut,” jawabnya.
Menurutnya, ketentuan syarat domisili memang tidak dapat diabaikan. Meski begitu, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu persoalan ini.
“Memang syarat domisili sekurang-kurangnya dibuktikan dengan identitas yang ada seperti KTP, KK atau Pasport. Kalau memang tidak ada, ini akan kita koordinasikan lebih lanjut,” terangnya. (jambibagus.com)
Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi