Home » , » Menteri Agama Bersyukur atas Kesamaan Awal Ramadhan

Menteri Agama Bersyukur atas Kesamaan Awal Ramadhan

Ditulis oleh Petisi News pada Selasa, 16 Juni 2015

Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersyukur karena sidang isbat penetapan awal puasa atau 1 Ramadhan 1436 Hijriah berjalan lancar tanpa perdebatan keras. Ia berharap kesamaan awal puasa pada tahun ini dapat terwujud juga di tahun-tahun berikutnya.
Lukman mengatakan, dalam sidang isbat tersebut, seluruh peserta sidang menyepakati awal puasa dimulai pada Kamis lusa (18/6/2015). Kesepakatan itu tercapai setelah mendengar paparan pakar ilmu astronomi dan mendengar laporan petugas rukyat yang bertugas melihat hilal di 36 titik di seluruh Indonesia.
"Dengan hasil ini mudah-mudahan (puasa) umat Islam bisa dilakukan serentak. Ini juga cerminan kebersamaan umat Islam bisa terus dibangun dari waktu ke waktu sehingga seluruh persoalan bisa disikapi bersama," kata Lukman di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa malam (16/6/2015).
Lukman menyatakan akan terus berusaha untuk menyamakan cara menentukan awal puasa melalui rukyat dan hisab. Ia memandang perlu ada standar yang sama tentang bagaimana seluruh elemen atau organisasi massa berbasis Islam melihat hilal untuk menentukan awal puasa.
"Kita tidak hanya mengandalkan kondisi alam, tapi ada itikad untuk menyamakan cara pandang untuk menentukan kriteria hilal itu," ujarnya.
Di lokasi yang sama, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengapresiasi langkah Lukman mengupayakan kesamaan persepsi mengenai cara melihat hilal. Sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din menyatakan akan mendukung langkah Lukman tersebut.
"Kami beri apresiasi kepada Menteri Agama selalu berusaha untuk adanya penyatuan kalender Islam. Kami bersedia, bertekad untuk melakukan pertemuan yang lebih intensif lagi agar satu waktu ada pendekatan yang sama," ucap Din. (kompas.com)
Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi