Home » » Populeritas HBA Vs Zola di Dunia Maya, Ini!

Populeritas HBA Vs Zola di Dunia Maya, Ini!

Ditulis oleh Petisi News pada Jumat, 19 Juni 2015

Jambi, petisinews.com - Dua poros utama politik Jambi yang saat ini tengah menjadi buah bibir adalah Hasan Basri Agus (HBA) dan Zumi Zola Zulkifli (ZZZ). Dua tokoh ini digadang-gadang bakal menjadi calon Gubernur Jambi periode mendatang.
HBA merupakan incumbent yang sarat pengalaman, baik di pemerintahan maupun politik. HBA adalah santri yang menjadi Camat, Sekda, Bupati, dan saat ini menjabat Gubernur Jambi.
Sementara ZZZ menjelma sebagai ikon perpolitikan Jambi setelah ia menjabat Bupati Tanjung Jabung Timur. Zola adalah seorang pengusaha. Ia juga ditopang dengan populeritas keartisan serta figur sang ayah, Zulkifli Nurdin yang menjadi Gubernur Jambi dua periode.
Pembicaraan kedua poros ini bukan saja terjadi di warung-warung, kantor, maupun tempat umum lainnya, tapi juga menjadi topik hangat di dunia maya, khususnya jejaring sosial facebook. Lalu siapa unggul? Berikut pantauan petisinews.com, Jum'at (19/06), 22.05 WIB.
Meskipun bukan merupakan akun resmi, tetapi terdapat beberapa group facebook HBA dan ZZZ. Dari pantauan petisinews.com jumlah anggota dari masing-masing group, ZZZ mengungguli HBA. Pada group  Zumi Zola Gubernur Jambi terlihat memiliki anggota sebanyak 33.417. Sementara pada group  HBA Gubernur Jambi Terbaik 2010 - 2021 hanya memiliki 9.148 anggota.

Meski unggul pada jumlah keanggotaan group, ZZZ ternyata tertinggal jauh pada jumlah penyuka di halaman fans page. Pada halaman HBA Bekerja (Pejabat Pemerintah) terlihat angka 21.819 yang menyukai, sementara pada halaman Zumi Zola (Tokoh Masyarakat) hanya disukai oleh 14.890 orang.
Perolehan like  untuk halaman HBA diperoleh hanya dalam kisaran enam bulan. Sebab berdasarkan pengamatan, halaman HBA Bekerja dibuat awal 2015, sementara halaman Zumi Zola dibuat sejak tahun 2010.
Memang tidak ada jaminan bahwa jumlah keanggotaan group facebook dan jumlah pengikut di halaman fans page akan mencerminkan dukungan, namun pengamat politik Universitas Jambi menilai hal itu juga mempunyai pengaruh yang tidak sepele.
Ivan Fauzani Raharja menyebutkan, media faceboook, cukup mempengaruhi pemilih dalam menentukan calon yang akan didukung. Namun demikian, ia menyebut segmen menengah keatas sebagai konsumen terbesar dari media facebook.
"Tidak semua masyarakat bisa mengakses facebook. Ada batasan segmennya. Tapi ini cukup mempengaruhi," kata Ivan. (elw/men)
Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi