Home » , , » Akan Dibuka Gubernur, Ini Sajian Pembukaan FMPDK

Akan Dibuka Gubernur, Ini Sajian Pembukaan FMPDK

Ditulis oleh Petisi News pada Minggu, 12 Juli 2015

Petisinews.com - Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) ke 14  akan dilaksanakan pada 30 Juli hingga 3 Agustus 2015. Pembukaan FMPDK dijadwalkan  akan dihadiri oleh  Gubernur Jambi  Hasan Basri Agus dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.  

Hal ini disampaikan  Ardinal K, M.Si, Kepala Disporaparbud Kabupaten Kerinci  dan  Rafuan Kamal, Sekretaris Disporaparbud  dalam wawancara  terpisah kemarin, (10/7). 

Disamping itu para Bupati dan Walikota se-Propinsi Jambi juga akan hadir. Bahkan panitia juga  mengundang biro perjalanan dan agen perjalanan wisata. "Sejauh ini persiapan teknis telah  kita persiapkan dan insya Allah  hingga saat ini belum ada kendala yang berarti, kita optimis  sebelum  acara pembukaan  semua persiapan tekhnis  sudah dapat kita rampungkan," kata Ardinal.

Pada acara pembukaan  disamping akan  menyajikan  karnaval/parade dari setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci, panitia  akan melaksanakan serangkaian kegiatan lain seperti seminar adat dan budaya Kerinci dan melakukan seleksi Desa Wisata di setiap kecamatan  serta berbagai atraksi budaya menarik lainnya.    

Ardinal menyebutkan Kerinci sungguh banyak memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik  dibandingkan dengan daerah lain di Propinsi Jambi  dan di daerah tetangganya Sumatera Barat, akan tetapi selama ini yang menjadi kendala adalah belum membaiknya sarana infrastruktur jalan  dan belum optimalnya pelayanan transportasi udara.  

"Alhamdulillah, belakangan ini kondisi sarana transportasi darat yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan daerah tetangganya termasuk ke kota Jambi dan Padang Sumatera Barat  sudah semakin membaik,untuk ke Jambi saja saat ini  sudah dapat ditempuh dengan waktu tempuh 7-8 jam, sedangkan ke Padang-Sumbar sekitar 5-6 jam," kata Ardial lagi.

Disisi lain, Rafuan Kamal, kepada petisinews.com menyebutkan,  tak salah jika seorang pujangga alam Kerinci Ghazali Burhan Riodja dalam sebuah sajaknya  mengatakan bahwa Kerinci (Kincai atau Kinci) itu adalah sekepal tanah dari surga yang tercampak kedunia.

 Keindahan alamnya, pesona wisata yang begitu menawan dan tutur sapa masyarakatnya yang elok berbudi bahasa  membuat negeri yang berada di Puncak Andalas Pulau Sumatera  ini  sangat dikenal luas bagi para wisatawan khususnya bagi para ilmuawan dan peneliti dari dalam dan luar negeri. (bvj)
Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi