Home » , » Kemenhut, TNKS, dan PDAM Mantapkan Lokasi IPA Tertinggi di Asia Tenggara

Kemenhut, TNKS, dan PDAM Mantapkan Lokasi IPA Tertinggi di Asia Tenggara

Ditulis oleh Petisi News pada Selasa, 28 Juli 2015

Petisinews.com - Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Balai Taman Nasional Kerinci Seblat (BTNKS) dan PDAM Tirta Sakti Kerinci kemarin (27/7) mengunjungi Danau Gunung Tujuh.

Hal ini berkaitan dengan rencana pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) melalui Sistem  Penyedian Air Minum (SPAM) dengan memanfaatkan sumber air dalam lokasi TNKS.

IPA yang bakal dibangun itu berada  diketinggian 1.700 diatas permukaan laut (dpl). Artinya IPA ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara.

Direktur Utama PDAM Kerinci Sasli Rais membenarkan perihal kunjungan itu. Hal ini, kata dia, berkaitan dengan pemantapan titik lokasi pembangunan Sistem Senyediaan Air Minum. "Tim kehutanan sangat mendukung program SPAM dan bisa kita kembangkan ke objek wisata," katanya.

Untuk diketahui, PDAM Tirta Sakti telah mendapatkan persetujuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tentang pemberian izin pengolahan sumber air skala kecil di lokasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). 

Ditargetkan pada akhir Juli ini sudah dimulai pembangunan tahap pertama dengan kapsitas 50 liter per detik, dan tahun 2016 dibangun lagi dengan kapasitas mencapai 500 liter per detik gravitasi.

Dengan dibangunnya IPA itu akan berdampak pada meningkatnya kualitas pelayanan mulai dari wilayah Kayu Aro hingga Sungaipenuh secara gravitasi. Dengan kualitas air baku sangat bagus, yakni  1,1 NTU (Nephelometric Turbidity Unit).

"Setelah kemarin dilakukan pemantapan titik lokasi SPAM, maka hari ini langsung dilakukan setting out lokasi oleh tim Kementrian PU bersama dinas PU Provinsi dan konsultan pengawas," kata Sasli.  (men) 

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi