Home » , » Kerinci Bakal Tetapkan Desa Wisata Binaan 2015

Kerinci Bakal Tetapkan Desa Wisata Binaan 2015

Ditulis oleh Petisi News pada Rabu, 08 Juli 2015

Petisinews.com - Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kerinci akan memilih desa-desa yang akan dijadikan desa wisata binaan tahun 2015. Untuk itu, saat ini tengah berlangsung seleksi di seluruh kecamatan oleh tim yang ditunjuk.
Salah seorang tim seleksi, Budhi Prihasphati Jauhari mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan kunjungan ke beberapa desa yang dipandang memliki potensi dalam pengembangan kebudayaan dan pariwisata.
Aspek yang menjadi penilaian, kata budayawan nasional ini adalah aspek pariwisata, budaya, dan aspek lingkungan hidup.
"Ya tadi tim sudah ke Semumu untuk menilai wisata sejarah berupa taman makam pahlawan. Kemudian melihat batu megalitikum di Pendung, dan air panas di Semurup dan Sungaimedang," katanya.
Seleksi itu akan dilakukan diseluruh kecamatan dengan mengunjungi sejumlah desa yang memiliki potensi seperti aspek yang dinilai.  "Besok tim akan ke Siulak Mukai, Gunung Kerinci. Jum'at ke Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh. Ditargetkan dalam waktu dekat semua kecamatan sudah dikunjungi," katanya.
Budhi menyambut baik langkah yang dilakukan pihak Dispora. Dikatakan Budhi, Kerinci memiliki banyak keanekaragaman budaya. Suku Kerinci merupakan suku melayu tertua yang bahkan lebih tua dari suku Inka di Amerika.
Sementara itu, Kabid Pariwisata Dsporabudpar Kerinci, Adra Nemires mengungkapkan bahwa desa yang akan ditetapkan sebagai desa wisata binaan ini nantinya akan mendapatkan hadiah dan penghargaan dari Bupati Kerinci.
Penyerahan hadiah dan penghargaan akan dilakukan pada rangkaian Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) tanggal 30 Juli hingga 3 Agustus mendatang. "Desa wisata binaan nantinya juga akan mendapat pembinaan secara berkelanjutan," katanya. (men)
Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi