Home » , » KPU Daerah Diusulkan Juga Urus Pilkades

KPU Daerah Diusulkan Juga Urus Pilkades

Ditulis oleh Petisi News pada Rabu, 26 Agustus 2015

Petisinews.com - Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengusulkan, agar KPU daerah tak hanya menyelenggarakan pilkada tingkat provinsi dan kabupaten/kota, tetapi juga pemilihan kepala desa. Menurut dia, baik pilkades mau pun pilkada memiliki asas yang sama dalam penyelenggaraannya.

"Pemilihan kepala desa itu diselenggarakan saja oleh KPU daerah," kata Hadar, saat diskusi "Pilkada Serentak yang Tak Serentak" di Fraksi PKB, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Ia menjelaskan, pemilihan umum yang selama ini berlangsung mengedepankan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil). Asas tersebut juga digunakan dalam proses penyelenggaraan pilkades.

Hadar mengatakan, sejak awal KPU daerah telah disiapkan untuk dapat menyelenggarakan pemilu. Anggaran besar yang setiap tahun dicanangkan seharusnya juga dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan pilkades.

"Buat apa lembaga ini dibuat dengan anggaran besar tapi tidak menyelenggarakan pemilu? Jadi pilkades itu sebaiknya juga diberikan kepada KPU," kata dia. (*)


sumber: kompas.com
Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi