Home » , , » Terkait Dana Desa, DAU Kerinci Berkurang

Terkait Dana Desa, DAU Kerinci Berkurang

Ditulis oleh Petisi News pada Kamis, 27 Agustus 2015

Petisinews.com - Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Kerinci 2016 dipastikan jauh menurun. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan pemerintah pusat.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Ekonomi, dan Keuangan, Amir Syam membenarkan adanya penurunan APBD 2016 mendatang. Hal ini dikarenakan adanya penerapan Undang-undang Desa yang mewajibkan adanya pengalihan sebesar 10 persen dari APBD. Pengalihan anggaran itu nantinya akan kembali  disalurkan ke desa melalui APBN.

Amir Syam mengatakan, hal demikian menyebabkan adanya pengurangan anggaran di seluruh SKPD dalam kisaran 5 persen. "Ya semuanya ada pengurangan," kata dia.

Untuk tahun 2015 ini, anggaran dana desa untuk Kabupaten Kerinci mencapai Rp78 miliar, dan pada tahun mendatang anggaran ini akan terus meningkat. "Ditargetkan 2017 anggaran dana desa sudah tersalur sepenuhnya," ungkap mantan Kabag Humas ini.

Meski terjadi pengurangan belanja pembangunan di masing-masing SKPD, Amir Syam membantah jika hal itu akan mengurangi laju pembangunan. Hanya saja, pelaksanaan anggaran pembangunan sebagiannya dibangun melaui fana desa.

"Kalau dulu kan semua dikelola SKPD. Sekarang ada dana desa, maka sebagian kegiatan dikelola langsung ditingkat desa," katanya kepada petisinews.com (27/8) tadi siang.

Mengingat besarnya anggaran dana desa, ia mengharapkan sumber daya manusia (SDM) pengelola di desa  bisa ditingkatkan. "Jangan sampai anggaran ini malah tidak bisa dikelola dengan baik sehingga akan mengurangi azas manfaatnya," ujarnya. (Men)

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi