Home » , » Diduga Menyimpang, Cetak Sawah Baru Rp2 Miliar Diadukan Warga Tanah Kampung

Diduga Menyimpang, Cetak Sawah Baru Rp2 Miliar Diadukan Warga Tanah Kampung

Ditulis oleh Petisi News pada Senin, 14 September 2015

Petisinews.com -  Bantuan cetak sawah baru senilai Rp2 miliar untuk warga 10 desa di Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungaipenuh tahun 2013 diduga bermasalah. Bahkan hal ini sudah dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Sungaipenuh pada, 7 September 2015 lalu oleh Japani, warga Koto Tengah Kecamatan Tanah Kampung.

Saat dihubungi petisinews.com tadi malam (14/9), Japani mengatakan cetak sawah baru yang dilaksanakan pengelola yakni tiga kelompok tani di Desa Koto Tengah tidak sesuai realisasi dilapangan, sehingga diduga terjadi penyelewengan dan pengelapan dana  yang diduga dilakukan oleh tiga ketua kelompok tani.

Proyek dari pemerintah pusat itu disebut Japani direncanakan pada tahun 2012 dan dilaksanakan pada tahun 2013 melalui Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan Kota Sungaipenuh.

"Semestinya diperuntukkan untuk 200 hektar cetak sawah baru, setiap satu hektar dengan dana Rp10 juta rupiah dengan kondisi siap tanam, namun paling banyak hanya terealisasi seluas 30 hektar. Itu pun banyak dari swadaya masyarakat," ungkapnya.

Di jelaskan Japani, dalam satu hektar itu seharusnya dananya Rp10 juta, dan yang diberikan pengelola kepada masyarakat dalam satu hektar itu hanya Rp 4 juta paling banyak, dengan rincian, untuk menebas sampai membuat pematang diberi Rp1,5 juta, penyemprotan Rp1,5 juta, kemudian setelah tanam diberikan Rp500 ribu.

"Kami sebagai warga meminta kasus ini diusut, siapapun  yang terlibat harus bertanggung jawab," katanya. (men)

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi