Home » , , » Wabup Kerinci Beri Kontribusi Pemikiran dalam Diskusi Kebijakan Serapan Anggaran

Wabup Kerinci Beri Kontribusi Pemikiran dalam Diskusi Kebijakan Serapan Anggaran

Ditulis oleh Petisi News pada Selasa, 01 September 2015

Petisinews.com - 37 peserta Lemhanas dari sejumlah kepala daerah dan ketua DPRD menggelar diskusi terkait dengan rendahnya penyerapan anggaran di daerah.

Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin menyebutkan bahwa dari diskusi tersebut, peserta Lemhanas telah menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada Presiden RI.

Bahkan, usai menerima rekomendasi tersebut, Presiden sudah mengeluarkan instruksi yang berisi pembentukan tim yang mengawasi pembangunan sampai ke daerah. Tim ini dipimpin oleh Jaksa Agung.

Poin instruksi lainnya adalah memberlakukan bebas pidana jika terdapat kesalahan administrasi dalam kebijakan program pembangunan, serta akan ada sanksi berat bagi daerah yang rendah dalam penyerapan anggaran.

"Selama ini banyak daerah yang rendah dalam penyerapan anggaran karena banyak yang takut mengambil kebijakan. Padahal ini berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," ungkap Zainal.

Meski sudah dikelurkannya instruksi Presiden, Zainal mengharapkan rekomendasi yang sudah disampaikan itu bisa dijadikan sebuah Undang-undang. Hal ini agar semua program pembangunan bisa berjalan.

"Bukannya nanti kebijakan itu kebal hukum. Tapi kita minta bisa diproses secara bertahap. Mulai dari inspektorat, BPKP, BPK. Kalau ada temuan diteruskan ke Perdata, jika tidak dibayar, maka baru langsung pidana," paparnya.

Wabup Kerinci menyebutkan pihaknya bakal kembali menggelar diskusi dengan topik yang lain. "Alhamdulillah hasil diskusi bersama diterima dengan baik oleh pak Presiden. Beliau sudah mengeluarkan Inpres. Rencananya akan adalagi diskusi dengan topik yang lain," katanya.

Diskusi selanjutnya, kata Zainal, berkaitan dengan perimbangan anggaran pusat dan daerah yang dinilainya perlu dikajiulang. "Kita berharap perimbangannya bisa lebih besar untuk daerah. Walau bagaimanapun, daerah yang lebih tahu apa yang mendesak untuk dibangun," katanya. (Men)

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi