Home » , » Disnak Sungaipenuh Periksa Hewan Qurban, Ini Tanda-tanda Hewan yang Sehat

Disnak Sungaipenuh Periksa Hewan Qurban, Ini Tanda-tanda Hewan yang Sehat

Ditulis oleh Petisi News pada Selasa, 22 September 2015

Petisinews.com- Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungaipenuh melakukan pemeriksaan hewan qurban dalam wilayah Kota Sungaipenuh. Pemeriksaan dilakukan mulai hari ini, Selasa (22/9) hingga besok dengan menurunkan 8 tim.

Kabid Kesehatan Hewan HPI Elfian Gusti mengatakan dalam kegiatan ini, pihaknya melibatkan UPTD Puskeswan dan  UPTD Rumah Potong Hewan.

"Ini bertujuan untuk memastikan hewan qurban layak secara kesehatan sehingga aman untuk dikonsumsi," ucapnya kepada petisinews.com.

Pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah hewan qurban yang ada di kota Sungaipenuh. Namun demikian pihaknya akan melakukan pemeriksaan semaksimal mungkin.

"Kalau tahun lalu hewan qurban di Sungaipenuh mencapai 600 ekor, kalau sekarang belum bisa dipastikan. Mudah-mudahan besok sudah ada gambaran jumlahnya," kata Elfian.

sementara itu, drh Nirmala yang turut dalam pemeriksaan itu mengungkapkan sejumlah tanda-tanda hewan qurban yang sehat.

Diantaranya, hewan tidak mempunyai cacat fisik, bisa tegak dengan lurus, tidak pincang, mulut tidak melepuh, kelopak mata berwarna merah muda, tidak terdapat patah pada bagian tandung, serta tidak terdapat luka fisik.

"Kita menghimbau masyarakat untuk membeli dan menyembelih hewan qurban yang secara fisik bisa dilihat apakah hewan tersebut sehat atau tidak," katanya. (Elw)

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi