Home » , , » Wahh.. PDAM Tirta Sakti Bakal Dapat Hibah dari Hongaria

Wahh.. PDAM Tirta Sakti Bakal Dapat Hibah dari Hongaria

Ditulis oleh Petisi News pada Minggu, 20 September 2015

Petisinews.com - PDAM Tirta Sakti terus berbenah untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Sungaipenuh dan Kerinci. Tak hanya mengandalkan APBD, PDAM terus berupaya mencari sumber dana di tingkat pusat, bahkan keluar negeri.

Berkat upaya yang dilakukan, tahun 2015 ini PDAM Tirta Sakti Kerinci mendapatkan kucuran dana sangat besar dari APBN dan APBD Provinsi Jambi.

Anggaran yang menyebar disejumlah kegiatan itu  bahkan mencapai Rp82 miliar yang terdiri dari Rp65 miliar APBN dan Rp17 miliar APBD Provinsi.

Selain itu, tahun ini  PDAM juga bakal mendapat kucuran dana bantuan hibah  dari pemerintah Hongaria. Dana  itu diperuntukkan bagi pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 40 liter per detik di Desa Tanjung Genting kecamatan Gunung Kerinci.

Hal itu dikemukakan oleh Direktur Utama PDAM, Sasli Rais. "Kita mendapat prioritas bantuan hibah. Karena PDAM Kerinci kekurangan kapasitas, yang ada saat ini 426 liter per detik sedangkan yang dibutuhkan 800 liter per detik," ungkapnya.

Sasli mengatakan, setiap bantuan pembangunan air minum selalu  dimanfaatkan secara maksimal, termasuk bantuan hibah dari Hongaria nantinya.

"Bantuan hibah diperoleh dari hasil ekspose kita. Jadi pemerintah Hongaria sangat tertarik dan ingin membantu," ujar Dirut.

Saat ini, pihak PDAM sedang menyiapkan persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut. "Paling lambat awal Nopember sudah kita lengkapi," katanya.

Keberhasilan dalam mendapatkan bantuan hibah itu, kata Sasli juga tak terlepas dukungan PU pusat, Pemprov Jambi serta Pemkab Kerinci. "Semuanya mendukung dan sangat serius untuk mewujudkannya," tukasnya lagi.

Selain itu, untuk menutupi kekurangan kapasitas air bersih, saat ini pihak PDAM juga tengah membangun IPA di Gunung Tujuh,  Sungaipenuh, dan Danau Kerinci. (Fan)

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi