Home » , , » Wujudkan Rel Kereta Tanjabbar-Kerinci, Ini Langkah Usman Ermulan

Wujudkan Rel Kereta Tanjabbar-Kerinci, Ini Langkah Usman Ermulan

Ditulis oleh Petisi News pada Kamis, 31 Desember 2015


Petisinews.com - Keberadaan Tanjab Barat yang hanya berjarak kurang dari 100 mil ke Kota Batam, membuatnya memiliki potensi besar sebagai pintu gerbang keluarnya hasil komoditi andalan masyarakat Provinsi Jambi.

Karena itu Bupati Usman Ermulan ingin merealisasikan ide strategis agar itu terjadi, diantaranya dengan adanya rel kereta api dari Kabupaten Kerinci ke Tanjab Barat.

Tak sebatas wacana, ide ini sedang dimulai oleh Usman Ermulan diantaranya berkoordinasi dengan Pemkab Kerinci dan Pj Gubernur Jambi, Irman. Selain itu Bupati juga akan berkoordinasi dengan seluruh kepala daerah yang akan dilalui rel kereta api ini nantinya, seperti ‎Merangin, Sarolangun, Batanghari, Muaro jambi, Tanjabtim, termasuk beberapa daerah lain diantaranya Muaro Bungo dan Tebo.

"Gubernur sudah memberi lampu hijau. Sekarang kita akan mengirimkan surat ke ‎Kementrian Perhubungan dan Bappenas, ditembuskan ke Komisi V DPR RI. Hari ini surat dikirim," kata Usman Ermulan, Rabu (30/12).

Harapan bupati seluruh kepala daerah yang dilalui oleh rel kereta api, juga mengusulkan surat yang sama setelah dilakukan koordinasi bersama, agar pusat bisa langsung mengkaji dan merealisasikan ide tersebut menggunakan APBN.

‎Usman Ermulan yakin, dengan adanya rel kereta api, ekonomi masyarakat Jambi secara umum akan terdongkrak, karena hasil komoditinya bisa langsung ke pelabuhan dan diekspor, termasuk Kerinci yang selama ini menjadi lumbung pertanian di Provinsi Jambi.

Terlebih saat ini kata Usman Ermulan, Pemprov Jambi dan Kepri sudah menandatangani MoU terkait kebutuhan pangan dan ekonomi, sehingga tidak perlu lagi kesulitan mencari pasar. "Di Kepri itu minim pertanian, mereka lebih kepada industri dan pariwisata, nah kebutuhan pangan satu provinsi itu kita yang penuhi," jelas Bupati.

Dengan adanya kereta api, maka alur angkutan barang dan manusia bisa lebih cepat dibanding menggunakan mobil, jika jarak Tanjabbar - Kerinci saat ini diperkirakan 500-600 kilometer, dengan kereta api diperkirakan hanya 300 kilometer. (*)

sumber: jambi.tribunnews.com
Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi