Home » , » Karang Taruna Tanjung Batu Gagas Desa Budaya dan Desa Wisata

Karang Taruna Tanjung Batu Gagas Desa Budaya dan Desa Wisata

Ditulis oleh Petisi News pada Sabtu, 30 Januari 2016

Petisinews.com - Aktifis dan anggota Karang Taruna Indonesia (KTI) “Tanjung Harapan“ Desa Tanjung Batu Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci gagas pembentukan Kampung Budaya dan Desa Wisata Tanjung Batu.  Hal ini disampaikan Oon Tabrani Ketua KTI Desa Tanjung Batu disela-sela kegiata temu dialog budaya anggota karang taruna yang difaslitasi oleh Buvari R Temenggung, penerima Pin Emas dan Anugerah Kebudayaan Tingkat Nasional beberapa waktu lalu.

Menurut Oon Tabrani,  Desa Tanjung Batu memiliki potensi/aset budaya dan pariwisata yang cukup enarik dan di Tanjung Batu masyarakat masih merawat nilai-nilai kearifan lokal seperti tradisi minum serbuk daun kawo. 

Di desa ini masih terdapat benda pusaka dan tabuh larangan yang masih dirawat oleh masyarakat adat, dan selain itu di Tanjung Batu juga terdapat dua buah air terjun dan pemandangan aral persawahan di ngarai-ngarai yang cukup terjal, dan dari ketinggian desa Tanjung Batu para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam danau kerinci di senja hari yang memancarkan cahaya yang berkilauan. 

Ali Rahman Kepala Desa Tanjung Batu kepada petisinews.com mengaku menyambut baik ide dan gagasan Karang Taruna yang akan menjadikan Desa Tanjung Batu menjadi kawasan desa Kampung Budaya dan wisata alam. 

"Ide ini sangat bagus, dan pemerintahan desa menyambut baik dan akan memberikan dukungan, dan saat ini wajah Desa Tanjung Batu mulai berubah, melalui dana Desa kita sudah bangun jalan lingkungan yang cukup memadai dan dapat menunjang gagasan menjadi Tanjung Batu menjadi desa budaya," katanya. 

Untuk sementara bangunan Pos Kamling yang cukup besar dan refresentatif, kata Ali Rahman,  difungsikan menjadi sasana krida karang taruna Tanjung Harapan. 

"Mudah mudahan jika ada dukugan dari instansi terkait kita akan usulkan untuk membangun rumah budaya tempat generasi muda berkiprah dalam menggali dan mengembangkan potensi sumber daya manusia yang mereka miliki," ucapnya. 

(Rio)

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi