Home » , , » Mengenal MAN Kemantan, Salah Satu Madrasah Tertua di Provinsi Jambi

Mengenal MAN Kemantan, Salah Satu Madrasah Tertua di Provinsi Jambi

Ditulis oleh Petisi News pada Sabtu, 30 Januari 2016

Petisinews.com - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kemantan, Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi merupakan salah satu dari enam MAN yang tertua di Provinsi Jambi. Sejak awal berdiri, Madrasah ini telah memiliki komitmen untuk meningkat kualitas dan mutu sumber daya manusia peserta didik.

Hal ini di sampaikan oleh Andi Suyub, M.PdI, Kepala MAN Kemantan kepada petisinews.com, belum lama ini. 

Pada tahun pelajaran 2015-2016, Madrasah yang disiapkan menjadi MAN 1 Kerinci ini  memiiki 276 orang siswa, 42 orang guru PNS dan 18 orang guru honorer.

Dikatakan Andi Suyub, secara bertahap pihak sekolah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana belajar termasuk sarana pengembangan diri bagi perserta didik. Salah satu contoh fasilitas laboratorium yang belum memadai adalah laboratorium komputer, dan untuk mengatasinya maka pihaknya  melakukan upaya laboraturium bergerak dengan membawa media pembelajaran berupa peralatanan komputer ke dalam ruangan kelas. 

Lebih lanjut, Andi Suyub menyebut bahwa madrasah ini adalah salah satu MAN tertua yang ada di alam Kerinci. Sebelum dinegerikan,  embrio Madrasah ini adalah alih nama dari MAAIN menjadi MAN Sungai Penuh I di Kemantan dan pada masa berikutnya berubah nama menjadi MAN Kemantan. "Yang jelas MAN Kemantan merupakan salah satu MAN paling tua di Propinsi Jambi dan dinegerikan pada tahun 1971,' ujarnya.

Drs. Andi Suyub, M.PdI

Pihak sekolah dengan segenap kemampuan dan sumber daya yang ada terus berpacu untuk meningkatkan mutu dan prestasi agar mampu sejajar dengan Madrash Aliyah Negeri yang ada di daerah  lain dalam Provinsi Jambi, dan bahkan bisa berbicara ditingkat Nasional. 

"Untuk mewujudkan impian dan harapan menjadi MAN seperti yang diharapkan oleh banyak pihak, maka kita telah memiliki Visi dan Misi MAN Kemantan. Visi kita adalah terwujudnya madrasah yang mampu menyelenggarakan pendidikan berkualitas, bersih, ekonomis, kokoh, dan bernuansa Islami," katanya.

Siswa Madrasah kompak menjaga kebersihan lingkungan

Sementara, misi MAN Kemantan ialah penyelenggaraan pendidikan bermutu, ekonomis, dan berbudaya lingkungan, pengelolaan struktur, manajemen, dan sumber daya madrasah yang bersih berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi, pembekalan pendidik dan tenaga kependidikan serta pribadi peserta didik dengan pengetahuan agama Islam, pendidikan umum, dan keterampilan, penyelenggaraan program konsentrasi kelas unggul, bidang pendidikan agama, dan pendidikan umum dan pengintegrasian pengelolaan pendidikan agama Islam dan umum berbasis ciri khas Madrasah.

 Untuk menjalankan visi misi itu, Andi Suyub mengatakan  bahwa pihaknya mempunyai moto  yang disingkat dengan “ Berkualitas” yakni bersih, kompak, unggul, amanah, loyal, Islami, taat, adil, dan santun. 

 MAN Kemantan memiiki sarana praktik laboratorium yang mencakup tiga bahasa, Indonesia, Inggris dan Arab, laboraturium  IPA, komputer, dan PAI. Selain itu MAN Kemantan secara rutin melaksanakan praktek ibadah yang diajarkan kepada semua siswa, diantaranya praktek ibadah shalat wajib dan shalat sunat, do’a, hafalan surat pendek, baca-tulis dan hafal qur’an, yang dilakukan dalam lingkungan sekolah. 

Dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar sesuai dengan kurikulum Pendidikan yang digunakan yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kurikulum Lokal yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Madrasah, memuat pendidikan umum dan pendidikan agama dengan komposisi 70% : 30%. Sementara pada muatan lokal, difokuskan pada keterampilan keagamaan yang dikolaborasikan dengan keterampilan umum, antara lain seni budaya dan olah raga. "MAN Kemantan mengembangkan Sumber Daya Manusia dengan perpaduan Intelectual Question (IQ), Emosional Question (EQ)," kata Andi Suyub lagi.

Dilanjutkannya. MAN Kemantan juga melaksanakan berbagai aktifitas ekstrakulikuler dengan melaksanakan kegiatn keorganisasian dan leardership, tartil Qur’an, tilawah, kaligrafi, pahmil Quran, syarhil Qur’an, UKM, PMR, kepramukaan, olah raga dan sejumlah kegiatan lain.(bj/rita)

Bagikan Berita :

+ komentar + 1 komentar

Minggu, 31 Januari 2016 06.09.00 WIB

Solusi permasalahan dalam era globalisasi menciptakan generasi islam thanks bwat bapak kepala sekolah Drs. Andi Suyub, M.PdI...Barakallahu

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi