Home » , » Tak Ikut Tanda Tangan, Ini Penjelasan Ketua Panwaslu Sungaipenuh

Tak Ikut Tanda Tangan, Ini Penjelasan Ketua Panwaslu Sungaipenuh

Ditulis oleh Petisi News pada Kamis, 07 Januari 2016

Petisinews.com - Panwaslu Kota Sungaipenuh baru-baru ini sudah mengeluarkan surat keputusan sengketa Pilwako Sungaipenuh yang dilaporkan oleh pasangan nomor urut 2, Herman Muchtar (HM)-Nuzran Joher (NJ).

Namun, surat putusan yang merekomendasikan KPU untuk membatalkan SK KPU Kota Sungaipenuh Nomor:52/Kpts/KPU-Kota-005.60934/2015 tentang penetapan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pilwako Sungaipenuh 2015 itu tidak ditandatangani oleh Ketua Panwaslu Kota Sungaipenuh, Toni Indrayadi, dan tanpa cap (stempel) Panwaslu.

Toni Indrayadi menjelaskan alasan dirinya tidak ikut menandatangani SK Panwaslu tersebut. Menurut dia, sidang sengketa Pilwako Sungaipenuh yang dilakukan oleh Panwaslu tersebut bertentangan dengan Perbawaslu Nomor 8 tahun 2015 pasal 2 dan pasal 4.

"Panwaslu tidak punya wewenang melakukan sidang sengketa pilkada, dalam pasal itu disebutkan bahwa panwas bisa menyelesaikan terkait masalah pencalonan, bukan hasil," sebutnya.

Hal itu, kata Toni, juga dipertegas oleh pasal 157, bahwa lembaga yang berwenang membatalkan hasil pilkada hanya MK. "Hanya MK yang bisa membatalkan hasil pilkada. Jadi, keputusan panwaslu itu menyalahi wewenang, batal demi hukum," jelasnya.

Disisi lain, kata Toni, saat Panwaslu mulai melakukan sidang beberapa waktu lalu, Bawaslu Provinsi Jambi telah menyampaikan petunjuk teknis, dan menyarakan Panwaslu menolak permohonan pemohon, karena itu bukan wewenang Panwaslu.

"Bahkan saya dapat sms dari Bawaslu RI dengan nada yang sama, karena bukan tugas Panwaslu. Makasanya saya tidak pernah lagi mengikuti persidangan, sampai keputusan itu diterbitkan saya juga tidak menandatanganinya," tukas Toni. (*)

 

sumber metrosakti.com

Bagikan Berita :

Posting Komentar

 
Cyber Media Petisinews.com : Tentang Kami | Redaksional | Tarif Iklan
Copyright © 2015. Petisinews.com - Kritis Profesional
Dipublikasikan oleh CV. ADZAN BANGUN PERSADA Cyber Media Petisi News
Wartawan Petisinews.com Dibekali Tanda Pengenal dalam Menjalankan Tugas Redaksi | Box Redaksi